Sifat dan Kebiasaan Orang Maluku Yang Jarang Diketahui

Expires in 8 months

18 January 2022

Views: 22

Maluku merupakan salah satu daerah di timur Indonesia yang memiliki banyak keunikan dan budaya yang cukup kaya. Realitas multikultural Maluku merupakan sebuah keniscayaan sejarah.

Dari perspektif historis, sebagai the spices island (pulau rempah-rempah), khasnya cengkeh dan pala. Sejak dahulu Maluku sudah menjadi tempat perjumpaan berbagai peradaban dunia serta terbangun jalinan nusantara. Selain menjadi wilayah kontestasi berbagai kepentingan dagang dan politik dunia terutama bangsa Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda, dan Jepang. untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kebiasaan-kebiasaan orang Maluku, yuk simak artikel di bawah ini !

1. Memiliki Solidaritas Tinggi

Orang Maluku memiliki rasa solidaritas tinggi terutama jika bertemu sesama orang Maluku. Mereka akan membantu teman, sahabat, saudara, sesama orang Maluku yang mengalami kesusahan. Apalagi jika bertemu di tanah rantau. Hal ini menjadi salah satu keuntungan berteman dengan orang Maluku. Apakah kamu juga memiliki teman dari daerah Maluku?

2. Memiliki Tubuh Atletis

Postur tubuh orang Maluku umumnya berkulit gelap, rambut ikal, dan kerangka tulang yang kuat dan besar (atletis). Maluku, Berita Maluku, Berita Maluku Hari Ini, ciri postur tubuh tersebut, secara fisik mereka lebih tegap dan atletis dibandingkan orang dari suku lain di Indonesia. Hal ini bisa saja dilatarbelakangi dari kondisi alam daerah Maluku yang berupa kepulauan. Masyarakat Maluku terbiasa melakukan aktivitas fisik seperti berenang dan berlayar sehingga menunjang postur tubuhnya, terutama kaum laki-laki. Maluku juga merupakan provinsi yang memiliki luas lautan daripada daratan.

3. Pemberani

Apakah kamu pernah bertemu dengan orang Maluku? Mereka terkenal tidak memiliki rasa takut. Orang Maluku jika ia merasa dirinya berada di pihak yang benar, maka mereka akan tetap memperjuangkan kebenaran tersebut meskipun nyawa taruhannya. Hal ini juga bisa jadi orang Maluku terinspirasi tokoh sejarah, yaitu Pattimura dalam melawan penjajah. Jika sudah merasa apa yang diperjuangkan adalah kebenaran, maka mereka akan totalitas dalam menunjukkan keberaniannya.

4. Malam Badendang

Malam badendang yaitu kebiasaan orang Maluku yang menari dan bergoyang yang diadakan pada malam-malam tertentu. Kebiasaan ini ditujukan untuk membangun kebersamaan dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Hal ini juga menjadikan masyarakat Maluku memiliki solidaritas yang tinggi. Para peserta yang mengikuti Malam Badendang ini akan berdansa dan menari tarian Orlapei dan Katreji. Acara malam Badendang ini dilakukan semlaam suntuk dan biasanya akan dimeriahkan juga oleh musik karaoke dan makanan khas Maluku.

5. Kebiasaan Makan dengan Ikan Laut

Dari kebiasaan makan, orang Maluku juga memiliki khas. Kebanyakan mereka gemar makan ikan, bahkan bisa dibilang selalu ada ikan dalam setiap hidangan makanannya. Selain tidak bisa makan tanpa ikan laut, orang Maluku juga memiliki porsi makan lebih banyak dibandingkan suku lainnya di Indonesia. Kegiatan fisik yang menguras tenaga, bisa jadi membuat porsi makan menjadi lebih banyak.

6. Makan Pisang Goreng dan Teh Manis

Orang Maluku selain makan ikan, juga gemar makan pisang didampingi teh manis. Ini merupakan kebiasaan sejak zaman dahulu. Kebiasaan tersebut dilakukan di setiap kesempatan, ketika bersantai, menyuguhi tamu, dan lain sebagainya. Biasanya mereka makan pisang didampingi teh manis ini pada waktu pagi dan sore hari.

7. Batu Pamali

Batu Pamali merupakan simbol material adat masyarakat Maluku. Batu Pamali termasuk mikrokosmos dalam negeri-negeri yang ditempati masyarakat adat Maluku. Batu Pamali ini merupakan batu alas atau batu dasar berdirinya sebuah negeri adat yang selalu diletakkan di samping rumah Baileo sekaligus representasi kehadiran nenek moyang (leluhur) di dalam kehidupan masyarakat.

8. Suka Bernyanyi

Orang Indonesia Timur memang terkenal dengan suaranya yang merdu. Maluku merupakan salah satunya. Selain Glenn Fredly, masih banyak artis dari Maluku dan Indonesia Timur yang memiliki suara emas. Hanya saja, terkadang kemampuan seni orang Maluku ini tidak dibarengi dengan teknik sehingga jarang muncul di berbagai lomba pencarian bakat di tanah air.

9. Memiliki suara yang Nyaring

Dari segi suara, orang Maluku begitu khas dengan suara nyaringnya. Ketika mendengarkan mereka berbincang, terdengar seperti berteriak. Padahal nyaringnya suara orang Maluku ini adalah wajar yang sering digunakan mereka dalam berkomunikasi. Memang suara mereka memiliki volume yang tinggi dan terdengar seperti orang marah, namun, sebenarnya mereka tidak marah, hanya saja memang volume suaranya yang tinggi.

10. Memiliki Senyum yang Khas

Meskipun raut muka orang Maluku sering dianggap sangar, sebenarnya mereka memiliki kebiasaan yaitu murah senyum, lho. Mereka suka menyapa orang-orang yang berpapasan dengannya meskipun belum dikenalnya. Keramahan dan ketulusannya itulah yang membuat orang maluku dikenal dengan senyumnya yang khas.
Read More: http://Maluku, Berita Maluku, Berita Maluku Hari Ini,

Disable Third Party Ads

Share